Sabtu, 09 April 2016

makalah Makkiyah dan Madaniyah

      I.            PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
      Dari keindahan sejarah turunnya Alquran, baik yang di Mekkah maupun di Madinah, sebab turunnya Alquran dari awal hingga berakhirnya, upaya pengumpulan, dan lain-lain, merupakan hal yang menarik untuk dipelajari dan dikembangkan menjadi sesuatu yang selalu aktual dan sangat luas kandungan ilmiahnya. Dari hal-hal tersebut muncullah ilmu-ilmu Al-Quran secara luas, salah satunya tentang ilmu Makki dan Madani. Kita memerlukan ilmu Makki dan Madani untk dapat menentukan marhalah dakwah Islamiyah.
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian diatas, maka dalam makalah ini mencoba untuk mengkaji tentang “Ilmu Makki dan Madani” yang dirumuskan dalam beberapa masalah, yaitu:
1.      Apa pengertian Makki dan Madani?
2.      Apa tanda-tanda ayat Makkiyah dan Madaniyah?
3.      Apa saja macam-macam surat Makiyyah dan Madaniyyah?
4.      Apa dasar-dasar penetapan ayat Makkiyah dan Madaniyah?
5.      Apa faedah mengetahui ayat Makkiyah dan Madaniyah?

    II.            PEMBAHASAN
A.    Pengertian Makki dan Madani
Yang dimaksud dengan Ilmu Makki dan Madani ialah ilmu yang membahas ihwal bagian Alquran yang Makki dan bagian yang Madani, baik dari segi arti dan maknanya, cara mengetahuinya, atau tanda masing-masingnya, maupun macam-macamnya.
           
Sedangkan yang disebut dengan Makki dan Madani ialah bagian-bagian kitab Alquran, dimana sebagiannya termasuk Makki atau Madani.[1]
Kata Al-Makki berasal dari kata Mekkah dan Al-Madani berasal dari kata Madinah. Secara harfiah, Al-Makki atau Al-Makkiyah berarti “yang bersifat Mekkah”, sedangkan Al-Madany atau Al-Madaniyah berarti “yang bersifat Madinah”.

B.     Tanda-tanda Ayat Makiyyah dan Madaniyyah
a.       Ciri-ciri surat Makkiyah
-          Ayat dan surahnya pendek.
-          Nada perkataannya keras dan sedikit bersajak.
-          Mengandung seruan dasar iman kepada Allah dan hari akhir.
-          Menggambarkan keadaan surga dan neraka.
-          Menyeru manusia berprangai mulia dan di jalan kebajikan.
-          Mendebat orang-orang musyrikin dan menerangkan. kesalahan-kesalahan pendirian mereka.
b.      Ciri-ciri surat Madani
-          Ayat dan surahnya panjang.
-          Menjelaskan hakikat keagamaan.
-          Membicarakan orang munafik kecuali surat Al-ankabut yang merupakan Makkiyah.
-          Terdapat penjelasan hukuman-hukuman tindak pidana, fara’id, kemasyarakatan dan sebagainya.[2]
C.    Macam-macam Surat Makiyyah dan Madaniyyah
        Dr. Abdullah Syahhathah dalam bukunya Al Quran wat Tafsir mengatakan, surah-surah Al Quran yang disepakati para ulama sebagai surah Makiyyah ada 82, dan yang disepakati sebagai surah Madaniyah ada 20. Sedang yang 12 surah lagi  masih diperselisihkan status Makiyyah atau Madaniyyahnya. Surah-surah Al Quran dibagi menjadi empat macam, sebagai berikut:
a)      Surah-Surah Makiyyah Murni (مكية كلها)
Yaitu surah-surah Makiyyah yang seluruh ayat-ayatnya juga berstatus Makiyyah semua, tidak ada satupun yang Madaniyyah. Surah-surah yang berstatus Makiyyah murni ini selurunya ada 58 surah yang berisi 2.074 ayat. Contohnya Al-Fatihah, Yunus, dan Ar-Ra’du.
b)      Surah-Surah Madaniyyah Murni (مدنية كلها)
Yaitu surah-surah Madaniyyah yang seluruh ayat-ayatnyapun Madaniyyah semua, tidak ada satu ayatpun yang Makiyyah. Surah-surah yang berstatus Madaniyyah Murni seluruhnya menurut penelitian penulis ada 18 surah, yang terdiri dari 737 ayat. Contonya seperti Ali Imron, An-Nisaa, dan An-Nur.
c)      Surah-Surah Makiyyah yang Berisi Ayat Madaniyyah                   (مكية فيها مدنية)
Yaitu surah-surah yang sebetulnya kebanyakan ayat-ayatnya adalah Makiyyah, sehingga berstatus Makiyyah, tetapi didalamnya ada sedikit ayatnya yang berstatus Madaniyyah. Surah-surah yang demikian ini dalam Al-Quran ada 32 Surah yang terdiri dari 2.699 ayat. Contonya surah Al-An’am, Al-A’raf dan Hud.
d)     Surah-Surah Madaniyyah yang berisi ayat Makiyyah                    (مدئنة فيها مكية)
Yaitu surah-surah yang kebanyakan ayat-ayatnya berstatus Madaniyyah. Surah-surah yang demikian ini dalam AL-Quran hanya ada 6 surat, yang terdiri dari 726 ayat, yaitu surah-surah Al-Baqarah, Al-Maidah, Al Anfal, At Taubah, Al Hajj, dan surah Muhammad atau surah Al-Qital.[3]
Berikut daftar rincian pembagian surah Madani dan Makki dalam Al-Quran.
Urutan Turun
No. Surat
Nama
Surat
Jumlah Ayat
Tempat Turun
 1
96
Al-‘Alaq
19
Makkiyah
2
68
Al-Qalam
52
Makkiyah
3
73
Al-Muzzammil
20
Makkiyah
4
74
Al-Muddatstsir
56
Makkiyah
5
1
Al-Faatihah
7
Makkiyah
6
111
Al-lahab
5
Makkiyah
7
81
At-Takwiir
29
Makkiyah
8
87
Al-A’laa
19
Makkiyah
9
92
Al-Lail
21
Makkiyah
10
89
Al-Fajr
30
Makkiyah
11
93
Adh-Duhaa
11
Makkiyah
12
94
Al-insyirah
8
Makkiyah
13
103
Al-‘Ashr
3
Makkiyah
14
100
Al-‘Aadiyaat
11
Makkiyah
15
108
Al-Kautsar
3
Makkiyah
16
102
At-Takaatsur
8
Makkiyah
17
107
Al-Maa’uun
7
Makkiyah
18
109
Al-Kaafiruun
6
Makkiyah
19
105
Al-Fiil
5
Makkiyah
20
113
Al-Falaq
5
Makkiyah
21
114
An-Naas
6
Makkiyah
22
112
Al-Ikhlas
4
Makkiyah
23
53
An-Najm
62
Makkiyah
24
80
Abasa
42
Makkiyah
25
97
Al-Qadr
5
Makkiyah
26
91
Asy-Syams
15
Makkiyah
27
85
Al-Buruuj
22
Makkiyah
28
95
At-Tiin
8
Makkiyah
29
106
Quraisy
4
Makkiyah
30
101
Al-Qaari’ah
11
Makkiyah
31
75
Al-Qiyaamah
40
Makkiyah
32
104
Al-Humazah
9
Makkiyah
33
77
Al-Mursalaat
50
Makkiyah
34
50
Qaaf
45
Makkiyah
35
90
Al-Balad
20
Makkiyah
36
86
Ath-Thaariq
17
Makkiyah
37
54
Al-Qamar
55
Makkiyah
38
38
Shaad
88
Makkiyah
39
7
Al-A’raaf
206
Makkiyah
40
72
Al-Jin
28
Makkiyah
41
36
Yaasiin
83
Makkiyah
42
25
Al-Furqaan
77
Makkiyah
43
35
Faathir
45
Makkiyah
44
19
Maryam
98
Makkiyah
45
20
Thaahaa
135
Makkiyah
46
56
Al-Waaqi’ah
96
Makkiyah
47
26
Asy-Syu’araa’
227
Makkiyah
48
27
An-Naml
93
Makkiyah
49
28
Al-Qashash
88
Makkiyah
50
17
Al-Israa’
111
Makkiyah
51
10
Yunus
109
Makkiyah
52
11
Huud
123
Makkiyah
53
12
Yusuf
111
Makkiyah
54
15
Al-Hijr
99
Makkiyah
55
6
Al-An’am
165
Makkiyah
56
37
Ash-Shaaffat
182
Makkiyah
57
31
Luqman
34
Makkiyah
58
34
Saba ‘
54
Makkiyah
59
39
Az-Zumar
75
Makkiyah
60
40
Al-Mu’min
85
Makkiyah
61
41
Fushshilat
54
Makkiyah
62
42
Asy-Syuura
53
Makkiyah
63
43
Az-Zukhruf
89
Makkiyah
64
44
Ad-Dukhaan
59
Makkiyah
65
45
Al-Jatsiyaah
37
Makkiyah
66
46
Al-Ahqaaf
35
Makkiyah
67
51
Adz-Dzariyaat
60
Makkiyah
68
88
Al-Ghaasyiyah
26
Makkiyah
69
18
Al-Kahfi
110
Makkiyah
70
16
An-Nahl
128
Makkiyah
71
71
Nuh
28
Makkiyah
72
14
Ibrahim
52
Makkiyah
73
21
Al-Anbiyaa’
112
Makkiyah
74
23
Al-Mu’minuun
118
Makkiyah
75
32
As-Sajdah
30
Makkiyah
76
52
At-Thuur
49
Makkiyah
77
67
Al-Mulk
30
Makkiyah
78
69
Al-Haaqqah
52
Makkiyah
79
70
Al-Ma’aarij
44
Makkiyah
80
78
An-Naba’
40
Makkiyah
81
79
An-Nazi’at
46
Makkiyah
82
82
Al-Infithaar
19
Makkiyah
83
84
Al-Insyiqaaq
25
Makkiyah
84
30
Ar-Ruum
60
Makkiyah
85
29
Al-‘Ankabuut
69
Makkiyah
86
83
Al-Muthaffifiin
36
Makkiyah
87
2
Al-Baqarah
286
Madaniyah
88
8
Al-Anfaal
75
Madaniyah
89
3
Ali ‘Imran
200
Madaniyah
90
33
Al-Ahzab
73
Madaniyah
91
60
Al-Mumtahanah
13
Madaniyah
92
4
An-Nisaa’
176
Madaniyah
93
99
Al-Zalzalah
8
Madaniyah
94
57
Al-Hadiid
29
Madaniyah
95
47
Muhammad
38
Madaniyah
96
13
Ar-Ra’d
43
Madaniyah
97
55
Ar-Rahmaan
78
Makkiyah
98
76
Al-Insaan
31
Madaniyah
99
65
Ath-Thalaaq
12
Madaniyah
100
98
Al-Bayyinah
8
Madaniyah
101
59
Al-Hasyr
24
Madaniyah
102
24
An-Nuur
64
Madaniyah
103
22
Al-Hajj
78
Madaniyah
104
63
Al-Munaafiquun
11
Madaniyah
105
58
Al-Mujaadilah
22
Madaniyah
106
49
Al-Hujuraat
18
Madaniyah
107
66
At-Tahriim
12
Madaniyah
108
64
At-Taghaabun
18
Madaniyah
109
61
Ash-Shaff
14
Madaniyah
110
62
Al-Jumu’ah
11
Madaniyah
111
48
Al-Fath
29
Madaniyah
112
5
Al-Maa-idah
120
Madaniyah
113
9
At-Taubah
129
Madaniyah
114
110
An-Nashr
3
Madaniyah



D.    Dasar Penetapan Ayat Makiyyah dan Madaniyyah
Sedikitnya ada ada empat teori dalam menentukan kriteria dalam memisahkan nama bagian Al Quran yang Makki atau surah/ayat yang Makiyyah dan mana yang Madani atau surah/ayat yang Madaniyyah.
Teori-teori itu adalah sebagai berikut:
1)   Teori Mulaahazhatu Makaanin Nuzuli (teori geografis)
Yaitu teori yang berorientasi pada tempat turunnya ayat. Teori ini mendefinisikan sebagai berikut:
a.       Surah/ayat Makiyyah ialah yang turun di Makkah dan sekitarnya, baik waktu turunnya itu sesudah atau sebelum Nabi SAW hijrah ke Madinah, termasuk ketika beliau berada di Mina, Arafah, Hudaibiyah dan sebagainya.
b.       Surah/ayat Madaniyyah ialah yang turun di Madinah dan sekitarnya.  Termasuk ayat-ayat/surah yang turun sewaktu di Badar, Qubd, Madinah, Uhud dan lain-lain.
Dalil dari teori geografis ini ialah riwayat Abu Amr dan Ustman bin Said ad-Darimi:
“Al-Quran yang diturunkan di Makkah dan yang diturunkan dalam perjalanan hijrah ke Madinah sebelum Nabi Muhammad SAW sampai ke Madinah adalah termasuk Makki. Dan Al-Quran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW  dalam perjalanan-perjalanan beliau, setelah tiba di Madinah adalah termasuk Madani.”
Kelebihan dari teori geografis ini ialah hasil rumusan pengertian Makki dan Madani ini jelas dan tegas. Dan kelemahan dari teori ini ialah rumusannya tidak bisa dijadikan patokan, batasan atau definisi. Sebab, rumusannya itu belum bisa mencakup seluruh ayat Al Quran, karena tidak semua ayat Al Quran itu hanya turun di Makkah atau di Madinah dan sekitarnya.
2)         Teori Mulaahazhatul Mukhaathabiina Fin Nuzuuli (teori subjektif)
            Yaitu teori yang berorientasi pada subjek siapa yang dikhitab/ dipanggil dalam ayat. Jika subjeknya orang-orang Mekkah maka ayatnya dinamakan  Makiyyah. Dan jika subjeknya orang-orang Madinah maka ayatnya disebut Madaniyyah.
a.       Menurut teori subjektif ini yang dinamakan surah/ayat makiyyah ialah yang berisi khithab/panggilan kepada penduduk mekkah dengan memakai kata-kata: “يا ايها الناس” (wahai manusia) atau “يا ايها الكافرون” (wahai orang-orang kafir) atau   “يا بنى ادم  (wahai anak Adam) dan sebagainya. Sebab kebanyakan penduduk Makkah adalah orang-orang kafir, meski orang-orang kafir di lain daerah ikut dipanggil juga.
b.      Sedangkan yang dimaksud surah/ayat Madaniyyah ialah yang berisi panggilan kepada penduduk Madinah. Semua ayat yang memakai panggilan “يا ايها الذين امنوا” (wahai orang-orang yang beriman) adalah surah/ayat Madaniyyah. Sebab mayoritas penduduk Madinah adalah mukminin, meski kaum mukminin dari daerah lain ikut dipanggil pula.
Teori ini mendasar pada dalil riwayat dari Abu ‘Ubaid dari Maimun bin Mihram dalam kitab Fadhalilul Quran yang berbunyi:
Bagian dalam Al-Quran yang dimulai dengan “يا ايها الناس” atau “يا بنى ادم” adalah surah Makki. Dan yang    dimulai dengan          “يا ايها الذين امنوا” adalah surah Madani.”
Kelebihan dari teori ini rumusannya lebih mudah dimengerti. Tetapi kelemahan dari teori ini lebih banyak dari teori-teori yang lain:
1)      Rumusan pengertiannya tidak dapat dijadikan batasan definisi, karena tidak dapat mencakup seluruh ayat Al Quran. Sebab, dari 6236 yang dimulai dengan  nida’ (panggilan) hanya 8,19% saja atau 511 ayat. Jadi masih banyak yang tidak tercakup dalam rumusan.
2)      Rumusan kriteria juga tidak dapat berlaku menyeluruh, bahwa yang dimulai dengan “يا ايها الناس” itu pasti Makiyyah, dan semua ayat yang dimulai “يا ايها الذين امنوا” itu tentu Madaniyyah. Karena teori ini tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
3)   Teori Mulaahazhatu Zamaanin Nuzuuli (teori historis)
   Teori yang berorientasi kepada sejarah waktu turunnya Al Quran. Yang dijadikan tonggak sejarah oleh teori ini ialah hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah.
            Menurut teori ini, Makiyyah yaitu ayat-ayat Al Quran yang diturunkan sebelum hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah, meski turunnya ayat itu di luar kota Makkah. Seperti ayat-ayat yang turun di Mina, Arafah, Hudaibiyah, ialah ayat-ayat yang turun setelah Nabi SAW hijrah ke Madinah, meski turunnya di Makkah atau sekitarnya.
            Teori historis ini berpegang kepada dalil riwayat Abu Amr dan Ustman bin Said Ad-Darimi:
“Al-Quran yang diturunkan di Makkah dan yang diturunkan dalam perjalanan hijrah ke Madinah sebelum Nabi Muhammad SAW sampai ke Madinah adalah termasuk Makki. Dan Al-Quran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW  dalam perjalanan-perjalanan beliau, setelah tiba di Madinah adalah termasuk Madani.”
Kelebihan dari teori historis ini, dinilai para ulama sebagai teori yang paling benar, baik dan selamat. Sebab, rumusan teori ini mencakup keseluruhan ayat Al Quran, sehingga dapat dijadikan batasan/definisi. Hanya sedikit kelemahan dari teori ini, yaitu sering kali mengakibatkan kejanggalan. Sebab, beberapa ayat Al Quran yang nyata-nyata turun di Makkah, tetapi hanya karena turunnya setelah hijrah maka dinamakan ayat Madaniyyah.
4)   Teori Mulaahazhatu Ma Tadhammanat As-Suuratu (teori content analyst)
            Yaitu suatu teori yang melandaskan kriterianya dalam membedakan Makiyyah dan Madaniyyah kepada isi daripada ayat/surah yang bersangkutan.
Yang dinamakan Makiyyah menurut teori ini ialah surah/ayat yang berisi cerita-cerita umat dan para Nabi/Rasul dahulu. Sedangkan yang disebut Madaniyyah adalah surah/ayat yang berisi hukum hudud, faraid dan sebagainya.
            Dalil yang digunakan sebagai landasan teori content analisys yaitu dari riwayat Hisyam dari ayahnya (Al-Hakim)
Setiap surah yang di dalamnya disebutkan hukum-hukum faraid adalah Madaniyah, dan setiap surat yang di dalamnya disebutkan kejadian-kejadian masa lalu adalah Makiyyah.”
            Kelebihan dari teori ini adalah kriterianya jelas, sehingga mudah difahami. Orang tinggal meurah/ayatlihat saja pada tanda-tanda tertentu, Nampak atau tidaj dalam suatu surah/ayat sehingga mudah menentukannya. Kelemahannya, pelaksanaan pembedaan Makiyyah dan Madaniyyah menurut teori ini tidak praktis. Sebab, orang harus mempelajari isi kandungan masing-masing ayat dahulu, baru bisa mengetahui kriteria/kategorinya.[4]

E.     Faedah Mengetahui Ayat Makiyyah dan Madaniyyah
a.       Mudah diketahui mana ayat-ayat yang turun lebih dahulu dan mana ayat yang turun belakangan dari kitab suci al Qur’an.
b.      Mudah diketahui mana ayat-ayat al-Qur’an yang hukum / bacaannya telah dinasakh (dihapus dan diganti), dan mana ayat-ayat yang menasakhkannya.
c.       Mengetahui dan mengerti sejarah pensyariatan hukum-hukum Islam (Taarikhut Tasyri’) yang amat bijaksana dalam menetapkan peraturan-peraturan.
d.      Mengetahui hikmah disyariatkannya suatu hukum (Hikmatut Tasyri’).
e.       Dengan mengetahui Ilmul  Makki wal Madani yang dapat mengetahui hikmatut tasyri’ itu, akan bisa menambah kepercayaan orang terhadap kewahyuan al-Qur’an.
f.       Meningkatkan keyakinan orang terhadap kesucian, kemurnian dan keaslian al-Qur’an, melihat bahwa hukum-hukum ajarannya atau pun bentuk tulisannya dan kata-kata serta kalimatnya masih tetap orisinil, tidak berkurang atau bertambah satu huruf atau ketentuan satu huruf pun.
g.      Mengetahui perbedaan dan tahap-tahap dakwah islamiah.
h.      Mengerti perbedaan ushlub-ushlub (bentuk bahasa) al-Qur’an, yang dalam surah-surah Makiyah berbeda dengan yang dalam surah-surah Madaniyah.
i.        Dengan mengetahui Ilmu Makki dan Madani situasi dan kondisi Mekkah dan Madinah dapat diketahui, khususnya pada waktu turunnya ayat-ayat al-Qur’an.[5]

 III.            PENUTUP

A.    Simpulan
Dari uraian makalah ini maka dapat diambil simpulan sebagai berikut :
(a)    Dalam memaknai Makkiyah dan Madaniyah terjadi perbedaan pendapat di kalangan para ulama hal ini terjadi karena adanya perbedaan dalam memberikan penafsiran atas ayat-ayat al-Qur’an.
(b)   Meskipun terjadi perbedaan dalam memberi makna Makkiyah dan Madaniyah akan tetapi para ulama mampu memberikan kekhususan-kekhususan yang menjadi ciri ayat Makkiyah dan Madaniyah untuk membedakan keduanya.
(c)    Diantara ciri yang paling tampak dari ayat Makkiyah adalah ayat-ayatnya banyak berisi tentang ajakan kepada tauhid dan beribadah hanya kepada Allah, pembuktian mengenai risalah, kebangkitan dan hari pembalasan, hari kiamat dan kengeriannya, neraka dan siksaannya, surga dan nikmatnya, argumentasi terhadap orang musyrik dengan menggunakan bukti-bukti rasional dan ayat- ayatkauni ah, disamping itu ayat dan surahnya pendek-pendek.
B.     Kritik dan Saran  
Demikian makalh ini kami buat, yang tentunya masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat dibutuhkan demi kesempurnaan makalah-makalah selanjutnya. Terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pembuatan makalah ini. Semoga Allah meridhai segala usaha kita. Amin.








                                                                 
DAFTAR PUSTAKA
Djalal, Abdul. 2000. Ulumul Quran. Surabaya: Dunia Ilmu.
Ash Shiddieqy, Teungku Muhammad Hasbi. 2002. Ilmu-ilmu Al Quran. Semarang: PT Pustaka Rizki Putra.
Anshori. 2004. Ulumul Quran.Jakarta: Rajawali Pers.




[1] Abdul Jalal, Ulumul Quran (Surabaya: Dunia Ilmu, 2000), hlm. 77.
2 Teungku Muhammad Hasbi Ash Shiddieqy, Ilmu-ilmu Al Quran, (Semarang: PT pustaka Rizki Putra, 2000). Hlm.80-84.
[3] Abdul Jalal, Ulumul Quran (Surabaya: Dunia Ilmu, 2000), hlm. 99-100.
[4] Abdul Jalal, Ulumul Quran (Surabaya: Dunia Ilmu, 2000), hlm. 77-87.
[5] Anshori, Ulumul Quran, (Jakarta: Rajawali Pers, 2004), hlm. 117. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar