I.
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dari
keindahan sejarah turunnya Alquran, baik yang di Mekkah maupun di Madinah,
sebab turunnya Alquran dari awal hingga berakhirnya, upaya pengumpulan, dan
lain-lain, merupakan hal yang menarik untuk dipelajari dan dikembangkan menjadi
sesuatu yang selalu aktual dan sangat luas kandungan ilmiahnya. Dari hal-hal
tersebut muncullah ilmu-ilmu Al-Quran secara luas, salah satunya tentang ilmu
Makki dan Madani. Kita memerlukan ilmu Makki dan Madani untk dapat menentukan
marhalah dakwah Islamiyah.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
uraian diatas, maka dalam makalah ini mencoba untuk mengkaji tentang “Ilmu
Makki dan Madani” yang dirumuskan dalam beberapa masalah, yaitu:
1. Apa pengertian Makki dan Madani?
2. Apa tanda-tanda ayat Makkiyah dan Madaniyah?
3. Apa saja macam-macam surat Makiyyah dan
Madaniyyah?
4. Apa dasar-dasar penetapan ayat Makkiyah dan
Madaniyah?
5. Apa faedah mengetahui ayat Makkiyah dan
Madaniyah?
II.
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Makki dan Madani
Yang
dimaksud dengan Ilmu Makki dan Madani ialah ilmu yang membahas ihwal bagian
Alquran yang Makki dan bagian yang Madani, baik dari segi arti dan maknanya,
cara mengetahuinya, atau tanda masing-masingnya, maupun macam-macamnya.
Sedangkan
yang disebut dengan Makki dan Madani ialah bagian-bagian kitab Alquran, dimana
sebagiannya termasuk Makki atau Madani.[1]
Kata
Al-Makki berasal dari kata Mekkah dan Al-Madani berasal dari kata Madinah.
Secara harfiah, Al-Makki atau Al-Makkiyah berarti “yang bersifat Mekkah”,
sedangkan Al-Madany atau Al-Madaniyah berarti “yang bersifat Madinah”.
B. Tanda-tanda Ayat
Makiyyah dan Madaniyyah
a.
Ciri-ciri surat Makkiyah
-
Ayat dan surahnya pendek.
-
Nada perkataannya keras dan sedikit bersajak.
-
Mengandung seruan dasar iman kepada Allah dan hari akhir.
-
Menggambarkan keadaan surga dan neraka.
-
Menyeru manusia berprangai mulia dan di jalan kebajikan.
-
Mendebat orang-orang musyrikin dan menerangkan. kesalahan-kesalahan
pendirian mereka.
b. Ciri-ciri surat Madani
-
Ayat dan surahnya panjang.
-
Menjelaskan hakikat keagamaan.
-
Membicarakan orang munafik kecuali surat
Al-ankabut yang merupakan Makkiyah.
C. Macam-macam
Surat Makiyyah dan Madaniyyah
Dr. Abdullah
Syahhathah dalam bukunya Al Quran wat Tafsir mengatakan, surah-surah Al
Quran yang disepakati para ulama sebagai surah Makiyyah ada 82, dan yang
disepakati sebagai surah Madaniyah ada 20. Sedang yang 12 surah lagi masih diperselisihkan status Makiyyah atau
Madaniyyahnya. Surah-surah Al Quran dibagi menjadi empat macam, sebagai
berikut:
a)
Surah-Surah Makiyyah Murni (مكية كلها)
Yaitu surah-surah Makiyyah yang seluruh ayat-ayatnya juga berstatus
Makiyyah semua, tidak ada satupun yang Madaniyyah. Surah-surah yang berstatus
Makiyyah murni ini selurunya ada 58 surah yang berisi 2.074 ayat. Contohnya
Al-Fatihah, Yunus, dan Ar-Ra’du.
b)
Surah-Surah Madaniyyah Murni (مدنية كلها)
Yaitu surah-surah Madaniyyah yang seluruh ayat-ayatnyapun
Madaniyyah semua, tidak ada satu ayatpun yang Makiyyah. Surah-surah yang
berstatus Madaniyyah Murni seluruhnya menurut penelitian penulis ada 18 surah,
yang terdiri dari 737 ayat. Contonya seperti Ali Imron, An-Nisaa, dan An-Nur.
c)
Surah-Surah Makiyyah yang Berisi Ayat Madaniyyah (مكية فيها مدنية)
Yaitu surah-surah yang sebetulnya kebanyakan ayat-ayatnya adalah
Makiyyah, sehingga berstatus Makiyyah, tetapi didalamnya ada sedikit ayatnya
yang berstatus Madaniyyah. Surah-surah yang demikian ini dalam Al-Quran ada 32
Surah yang terdiri dari 2.699 ayat. Contonya surah Al-An’am, Al-A’raf dan Hud.
d)
Surah-Surah Madaniyyah yang berisi ayat Makiyyah
(مدئنة فيها مكية)
Yaitu surah-surah yang kebanyakan ayat-ayatnya berstatus
Madaniyyah. Surah-surah yang demikian ini dalam AL-Quran hanya ada 6 surat,
yang terdiri dari 726 ayat, yaitu surah-surah Al-Baqarah, Al-Maidah, Al Anfal,
At Taubah, Al Hajj, dan surah Muhammad atau surah Al-Qital.[3]
Berikut daftar rincian pembagian surah Madani dan Makki dalam
Al-Quran.
Urutan Turun
|
No. Surat
|
Nama
|
Surat
|
Jumlah Ayat
|
Tempat Turun
|
1
|
96
|
Al-‘Alaq
|
|
19
|
Makkiyah
|
2
|
68
|
Al-Qalam
|
|
52
|
Makkiyah
|
3
|
73
|
Al-Muzzammil
|
|
20
|
Makkiyah
|
4
|
74
|
Al-Muddatstsir
|
|
56
|
Makkiyah
|
5
|
1
|
Al-Faatihah
|
|
7
|
Makkiyah
|
6
|
111
|
Al-lahab
|
|
5
|
Makkiyah
|
7
|
81
|
At-Takwiir
|
|
29
|
Makkiyah
|
8
|
87
|
Al-A’laa
|
|
19
|
Makkiyah
|
9
|
92
|
Al-Lail
|
|
21
|
Makkiyah
|
10
|
89
|
Al-Fajr
|
|
30
|
Makkiyah
|
11
|
93
|
Adh-Duhaa
|
|
11
|
Makkiyah
|
12
|
94
|
Al-insyirah
|
|
8
|
Makkiyah
|
13
|
103
|
Al-‘Ashr
|
|
3
|
Makkiyah
|
14
|
100
|
Al-‘Aadiyaat
|
|
11
|
Makkiyah
|
15
|
108
|
Al-Kautsar
|
|
3
|
Makkiyah
|
16
|
102
|
At-Takaatsur
|
|
8
|
Makkiyah
|
17
|
107
|
Al-Maa’uun
|
|
7
|
Makkiyah
|
18
|
109
|
Al-Kaafiruun
|
|
6
|
Makkiyah
|
19
|
105
|
Al-Fiil
|
|
5
|
Makkiyah
|
20
|
113
|
Al-Falaq
|
|
5
|
Makkiyah
|
21
|
114
|
An-Naas
|
|
6
|
Makkiyah
|
22
|
112
|
Al-Ikhlas
|
|
4
|
Makkiyah
|
23
|
53
|
An-Najm
|
|
62
|
Makkiyah
|
24
|
80
|
Abasa
|
|
42
|
Makkiyah
|
25
|
97
|
Al-Qadr
|
|
5
|
Makkiyah
|
26
|
91
|
Asy-Syams
|
|
15
|
Makkiyah
|
27
|
85
|
Al-Buruuj
|
|
22
|
Makkiyah
|
28
|
95
|
At-Tiin
|
|
8
|
Makkiyah
|
29
|
106
|
Quraisy
|
|
4
|
Makkiyah
|
30
|
101
|
Al-Qaari’ah
|
|
11
|
Makkiyah
|
31
|
75
|
Al-Qiyaamah
|
|
40
|
Makkiyah
|
32
|
104
|
Al-Humazah
|
|
9
|
Makkiyah
|
33
|
77
|
Al-Mursalaat
|
|
50
|
Makkiyah
|
34
|
50
|
Qaaf
|
|
45
|
Makkiyah
|
35
|
90
|
Al-Balad
|
|
20
|
Makkiyah
|
36
|
86
|
Ath-Thaariq
|
|
17
|
Makkiyah
|
37
|
54
|
Al-Qamar
|
|
55
|
Makkiyah
|
38
|
38
|
Shaad
|
|
88
|
Makkiyah
|
39
|
7
|
Al-A’raaf
|
|
206
|
Makkiyah
|
40
|
72
|
Al-Jin
|
|
28
|
Makkiyah
|
41
|
36
|
Yaasiin
|
|
83
|
Makkiyah
|
42
|
25
|
Al-Furqaan
|
|
77
|
Makkiyah
|
43
|
35
|
Faathir
|
|
45
|
Makkiyah
|
44
|
19
|
Maryam
|
|
98
|
Makkiyah
|
45
|
20
|
Thaahaa
|
|
135
|
Makkiyah
|
46
|
56
|
Al-Waaqi’ah
|
|
96
|
Makkiyah
|
47
|
26
|
Asy-Syu’araa’
|
|
227
|
Makkiyah
|
48
|
27
|
An-Naml
|
|
93
|
Makkiyah
|
49
|
28
|
Al-Qashash
|
|
88
|
Makkiyah
|
50
|
17
|
Al-Israa’
|
|
111
|
Makkiyah
|
51
|
10
|
Yunus
|
|
109
|
Makkiyah
|
52
|
11
|
Huud
|
|
123
|
Makkiyah
|
53
|
12
|
Yusuf
|
|
111
|
Makkiyah
|
54
|
15
|
Al-Hijr
|
|
99
|
Makkiyah
|
55
|
6
|
Al-An’am
|
|
165
|
Makkiyah
|
56
|
37
|
Ash-Shaaffat
|
|
182
|
Makkiyah
|
57
|
31
|
Luqman
|
|
34
|
Makkiyah
|
58
|
34
|
Saba ‘
|
|
54
|
Makkiyah
|
59
|
39
|
Az-Zumar
|
|
75
|
Makkiyah
|
60
|
40
|
Al-Mu’min
|
|
85
|
Makkiyah
|
61
|
41
|
Fushshilat
|
|
54
|
Makkiyah
|
62
|
42
|
Asy-Syuura
|
|
53
|
Makkiyah
|
63
|
43
|
Az-Zukhruf
|
|
89
|
Makkiyah
|
64
|
44
|
Ad-Dukhaan
|
|
59
|
Makkiyah
|
65
|
45
|
Al-Jatsiyaah
|
|
37
|
Makkiyah
|
66
|
46
|
Al-Ahqaaf
|
|
35
|
Makkiyah
|
67
|
51
|
Adz-Dzariyaat
|
|
60
|
Makkiyah
|
68
|
88
|
Al-Ghaasyiyah
|
|
26
|
Makkiyah
|
69
|
18
|
Al-Kahfi
|
|
110
|
Makkiyah
|
70
|
16
|
An-Nahl
|
|
128
|
Makkiyah
|
71
|
71
|
Nuh
|
|
28
|
Makkiyah
|
72
|
14
|
Ibrahim
|
|
52
|
Makkiyah
|
73
|
21
|
Al-Anbiyaa’
|
|
112
|
Makkiyah
|
74
|
23
|
Al-Mu’minuun
|
|
118
|
Makkiyah
|
75
|
32
|
As-Sajdah
|
|
30
|
Makkiyah
|
76
|
52
|
At-Thuur
|
|
49
|
Makkiyah
|
77
|
67
|
Al-Mulk
|
|
30
|
Makkiyah
|
78
|
69
|
Al-Haaqqah
|
|
52
|
Makkiyah
|
79
|
70
|
Al-Ma’aarij
|
|
44
|
Makkiyah
|
80
|
78
|
An-Naba’
|
|
40
|
Makkiyah
|
81
|
79
|
An-Nazi’at
|
|
46
|
Makkiyah
|
82
|
82
|
Al-Infithaar
|
|
19
|
Makkiyah
|
83
|
84
|
Al-Insyiqaaq
|
|
25
|
Makkiyah
|
84
|
30
|
Ar-Ruum
|
|
60
|
Makkiyah
|
85
|
29
|
Al-‘Ankabuut
|
|
69
|
Makkiyah
|
86
|
83
|
Al-Muthaffifiin
|
|
36
|
Makkiyah
|
87
|
2
|
Al-Baqarah
|
|
286
|
Madaniyah
|
88
|
8
|
Al-Anfaal
|
|
75
|
Madaniyah
|
89
|
3
|
Ali ‘Imran
|
|
200
|
Madaniyah
|
90
|
33
|
Al-Ahzab
|
|
73
|
Madaniyah
|
91
|
60
|
Al-Mumtahanah
|
|
13
|
Madaniyah
|
92
|
4
|
An-Nisaa’
|
|
176
|
Madaniyah
|
93
|
99
|
Al-Zalzalah
|
|
8
|
Madaniyah
|
94
|
57
|
Al-Hadiid
|
|
29
|
Madaniyah
|
95
|
47
|
Muhammad
|
|
38
|
Madaniyah
|
96
|
13
|
Ar-Ra’d
|
|
43
|
Madaniyah
|
97
|
55
|
Ar-Rahmaan
|
|
78
|
Makkiyah
|
98
|
76
|
Al-Insaan
|
|
31
|
Madaniyah
|
99
|
65
|
Ath-Thalaaq
|
|
12
|
Madaniyah
|
100
|
98
|
Al-Bayyinah
|
|
8
|
Madaniyah
|
101
|
59
|
Al-Hasyr
|
|
24
|
Madaniyah
|
102
|
24
|
An-Nuur
|
|
64
|
Madaniyah
|
103
|
22
|
Al-Hajj
|
|
78
|
Madaniyah
|
104
|
63
|
Al-Munaafiquun
|
|
11
|
Madaniyah
|
105
|
58
|
Al-Mujaadilah
|
|
22
|
Madaniyah
|
106
|
49
|
Al-Hujuraat
|
|
18
|
Madaniyah
|
107
|
66
|
At-Tahriim
|
|
12
|
Madaniyah
|
108
|
64
|
At-Taghaabun
|
|
18
|
Madaniyah
|
109
|
61
|
Ash-Shaff
|
|
14
|
Madaniyah
|
110
|
62
|
Al-Jumu’ah
|
|
11
|
Madaniyah
|
111
|
48
|
Al-Fath
|
|
29
|
Madaniyah
|
112
|
5
|
Al-Maa-idah
|
|
120
|
Madaniyah
|
113
|
9
|
At-Taubah
|
|
129
|
Madaniyah
|
114
|
110
|
An-Nashr
|
|
3
|
Madaniyah
|
D. Dasar Penetapan
Ayat Makiyyah dan Madaniyyah
Sedikitnya ada ada empat teori dalam menentukan kriteria dalam
memisahkan nama bagian Al Quran yang Makki atau surah/ayat yang Makiyyah dan
mana yang Madani atau surah/ayat yang Madaniyyah.
Teori-teori itu adalah sebagai berikut:
1) Teori Mulaahazhatu
Makaanin Nuzuli (teori geografis)
Yaitu teori yang berorientasi pada tempat turunnya ayat. Teori ini
mendefinisikan sebagai berikut:
a.
Surah/ayat Makiyyah ialah yang turun di Makkah dan sekitarnya, baik
waktu turunnya itu sesudah atau sebelum Nabi SAW hijrah ke Madinah, termasuk
ketika beliau berada di Mina, Arafah, Hudaibiyah dan sebagainya.
b.
Surah/ayat Madaniyyah ialah
yang turun di Madinah dan sekitarnya.
Termasuk ayat-ayat/surah yang turun sewaktu di Badar, Qubd, Madinah,
Uhud dan lain-lain.
Dalil dari teori geografis ini ialah
riwayat Abu Amr dan Ustman bin Said ad-Darimi:
“Al-Quran yang diturunkan di Makkah
dan yang diturunkan dalam perjalanan hijrah ke Madinah sebelum Nabi Muhammad
SAW sampai ke Madinah adalah termasuk Makki. Dan Al-Quran yang diturunkan
kepada Nabi Muhammad SAW dalam
perjalanan-perjalanan beliau, setelah tiba di Madinah adalah termasuk Madani.”
Kelebihan dari
teori geografis ini ialah hasil rumusan pengertian Makki dan Madani ini jelas
dan tegas. Dan kelemahan dari teori ini ialah rumusannya tidak bisa dijadikan
patokan, batasan atau definisi. Sebab, rumusannya itu belum bisa mencakup
seluruh ayat Al Quran, karena tidak semua ayat Al Quran itu hanya turun di
Makkah atau di Madinah dan sekitarnya.
2)
Teori Mulaahazhatul Mukhaathabiina Fin Nuzuuli (teori
subjektif)
Yaitu teori yang berorientasi pada
subjek siapa yang dikhitab/ dipanggil dalam ayat. Jika subjeknya orang-orang
Mekkah maka ayatnya dinamakan Makiyyah.
Dan jika subjeknya orang-orang Madinah maka ayatnya disebut Madaniyyah.
a.
Menurut teori subjektif ini yang dinamakan surah/ayat makiyyah
ialah yang berisi khithab/panggilan kepada penduduk mekkah dengan memakai
kata-kata: “يا ايها الناس”
(wahai manusia) atau “يا
ايها الكافرون” (wahai orang-orang kafir) atau “يا بنى ادم” (wahai anak Adam) dan sebagainya. Sebab
kebanyakan penduduk Makkah adalah orang-orang kafir, meski orang-orang kafir di
lain daerah ikut dipanggil juga.
b.
Sedangkan yang dimaksud surah/ayat Madaniyyah ialah yang berisi
panggilan kepada penduduk Madinah. Semua ayat yang memakai panggilan “يا ايها الذين امنوا” (wahai orang-orang yang beriman) adalah
surah/ayat Madaniyyah. Sebab mayoritas penduduk Madinah adalah mukminin, meski
kaum mukminin dari daerah lain ikut dipanggil pula.
Teori ini
mendasar pada dalil riwayat dari Abu ‘Ubaid dari Maimun bin Mihram dalam kitab Fadhalilul
Quran yang berbunyi:
”Bagian
dalam Al-Quran yang dimulai dengan “يا ايها الناس” atau “يا بنى ادم” adalah surah Makki. Dan yang dimulai dengan “يا
ايها الذين امنوا”
adalah surah Madani.”
Kelebihan dari teori ini rumusannya lebih mudah dimengerti. Tetapi
kelemahan dari teori ini lebih banyak dari teori-teori yang lain:
1)
Rumusan pengertiannya tidak dapat dijadikan batasan definisi,
karena tidak dapat mencakup seluruh ayat Al Quran. Sebab, dari 6236 yang
dimulai dengan nida’ (panggilan)
hanya 8,19% saja atau 511 ayat. Jadi masih banyak yang tidak tercakup dalam
rumusan.
2)
Rumusan kriteria juga tidak dapat berlaku menyeluruh, bahwa yang
dimulai dengan “يا
ايها الناس” itu pasti Makiyyah, dan semua ayat yang dimulai “يا ايها الذين امنوا” itu tentu Madaniyyah. Karena teori ini tidak
dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
3)
Teori Mulaahazhatu Zamaanin Nuzuuli (teori historis)
Teori yang berorientasi
kepada sejarah waktu turunnya Al Quran. Yang dijadikan tonggak sejarah oleh
teori ini ialah hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah.
Menurut teori ini, Makiyyah yaitu
ayat-ayat Al Quran yang diturunkan sebelum hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah,
meski turunnya ayat itu di luar kota Makkah. Seperti ayat-ayat yang turun di
Mina, Arafah, Hudaibiyah, ialah ayat-ayat yang turun setelah Nabi SAW hijrah ke
Madinah, meski turunnya di Makkah atau sekitarnya.
Teori historis ini berpegang kepada
dalil riwayat Abu Amr dan Ustman bin Said Ad-Darimi:
“Al-Quran yang diturunkan di Makkah
dan yang diturunkan dalam perjalanan hijrah ke Madinah sebelum Nabi Muhammad
SAW sampai ke Madinah adalah termasuk Makki. Dan Al-Quran yang diturunkan
kepada Nabi Muhammad SAW dalam perjalanan-perjalanan
beliau, setelah tiba di Madinah adalah termasuk Madani.”
Kelebihan dari teori historis ini, dinilai para ulama sebagai teori
yang paling benar, baik dan selamat. Sebab, rumusan teori ini mencakup
keseluruhan ayat Al Quran, sehingga dapat dijadikan batasan/definisi. Hanya
sedikit kelemahan dari teori ini, yaitu sering kali mengakibatkan kejanggalan.
Sebab, beberapa ayat Al Quran yang nyata-nyata turun di Makkah, tetapi hanya
karena turunnya setelah hijrah maka dinamakan ayat Madaniyyah.
4)
Teori Mulaahazhatu Ma Tadhammanat As-Suuratu (teori content
analyst)
Yaitu suatu teori yang melandaskan
kriterianya dalam membedakan Makiyyah dan Madaniyyah kepada isi daripada
ayat/surah yang bersangkutan.
Yang
dinamakan Makiyyah menurut teori ini ialah surah/ayat yang berisi cerita-cerita
umat dan para Nabi/Rasul dahulu. Sedangkan yang disebut Madaniyyah adalah
surah/ayat yang berisi hukum hudud, faraid dan sebagainya.
Dalil yang digunakan sebagai
landasan teori content analisys yaitu dari riwayat Hisyam dari ayahnya
(Al-Hakim)
“Setiap
surah yang di dalamnya disebutkan hukum-hukum faraid adalah Madaniyah, dan
setiap surat yang di dalamnya disebutkan kejadian-kejadian masa lalu adalah
Makiyyah.”
Kelebihan dari
teori ini adalah kriterianya jelas, sehingga mudah difahami. Orang tinggal
meurah/ayatlihat saja pada tanda-tanda tertentu, Nampak atau tidaj dalam suatu
surah/ayat sehingga mudah menentukannya. Kelemahannya, pelaksanaan pembedaan
Makiyyah dan Madaniyyah menurut teori ini tidak praktis. Sebab, orang harus
mempelajari isi kandungan masing-masing ayat dahulu, baru bisa mengetahui
kriteria/kategorinya.[4]
E. Faedah
Mengetahui Ayat Makiyyah dan Madaniyyah
a.
Mudah diketahui mana ayat-ayat yang turun lebih dahulu dan mana
ayat yang turun belakangan dari kitab suci al Qur’an.
b.
Mudah diketahui mana ayat-ayat al-Qur’an yang hukum / bacaannya
telah dinasakh (dihapus dan diganti), dan mana ayat-ayat yang menasakhkannya.
c.
Mengetahui dan mengerti sejarah pensyariatan hukum-hukum Islam
(Taarikhut Tasyri’) yang amat bijaksana dalam menetapkan peraturan-peraturan.
d.
Mengetahui hikmah disyariatkannya suatu hukum (Hikmatut Tasyri’).
e.
Dengan mengetahui Ilmul
Makki wal Madani yang dapat mengetahui hikmatut tasyri’ itu, akan bisa
menambah kepercayaan orang terhadap kewahyuan al-Qur’an.
f.
Meningkatkan keyakinan orang terhadap kesucian, kemurnian dan
keaslian al-Qur’an, melihat bahwa hukum-hukum ajarannya atau pun bentuk
tulisannya dan kata-kata serta kalimatnya masih tetap orisinil, tidak berkurang
atau bertambah satu huruf atau ketentuan satu huruf pun.
g.
Mengetahui perbedaan dan tahap-tahap dakwah islamiah.
h.
Mengerti perbedaan ushlub-ushlub (bentuk bahasa) al-Qur’an, yang
dalam surah-surah Makiyah berbeda dengan yang dalam surah-surah Madaniyah.
i.
Dengan mengetahui Ilmu Makki dan Madani situasi dan kondisi Mekkah
dan Madinah dapat diketahui, khususnya pada waktu turunnya ayat-ayat al-Qur’an.[5]
III.
PENUTUP
A. Simpulan
Dari uraian makalah ini maka dapat diambil simpulan
sebagai berikut :
(a) Dalam
memaknai Makkiyah dan Madaniyah terjadi perbedaan pendapat di kalangan para
ulama hal ini terjadi karena adanya perbedaan dalam memberikan penafsiran atas
ayat-ayat al-Qur’an.
(b) Meskipun
terjadi perbedaan dalam memberi makna Makkiyah dan Madaniyah akan tetapi para
ulama mampu memberikan kekhususan-kekhususan yang menjadi ciri ayat Makkiyah
dan Madaniyah untuk membedakan keduanya.
(c) Diantara
ciri yang paling tampak dari ayat Makkiyah adalah ayat-ayatnya banyak berisi
tentang ajakan kepada tauhid dan beribadah hanya kepada Allah, pembuktian
mengenai risalah, kebangkitan dan hari pembalasan, hari kiamat dan
kengeriannya, neraka dan siksaannya, surga dan nikmatnya, argumentasi terhadap
orang musyrik dengan menggunakan bukti-bukti rasional dan ayat- ayatkauni ah,
disamping itu ayat dan surahnya pendek-pendek.
B.
Kritik dan Saran
Demikian makalh ini kami buat, yang tentunya masih jauh dari
sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat dibutuhkan
demi kesempurnaan makalah-makalah selanjutnya. Terimakasih kepada semua pihak
yang terlibat dalam pembuatan makalah ini. Semoga Allah meridhai segala usaha
kita. Amin.
DAFTAR PUSTAKA
Djalal, Abdul. 2000. Ulumul Quran. Surabaya:
Dunia Ilmu.
Ash Shiddieqy, Teungku Muhammad Hasbi. 2002.
Ilmu-ilmu Al Quran. Semarang: PT Pustaka Rizki Putra.
Anshori. 2004. Ulumul Quran.Jakarta:
Rajawali Pers.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar